Monday, December 6, 2010

Tafsir Surat Az Zalzalah

Surat Az Zalzalah(سورة الزلزلة) adalah surat ke-99 dalam Al Qur'an. Surat ini terdiri atas 8 ayat dan tergolong pada surat Madaniyah. Surat ini diturunkan setelah surat An Nisaa'. Nama Az Zalzalah diambil dari kata Zilzaal yang berarti 'goncangan' dan terdapat pada ayat pertama surat ini.

 Pokok isi

Pokok isinya menceritakan kejadian pada hari kiamat dimana bumi digoncangkan dan manusia bertanya-tanya mengenai kejadian saat itu. Dan janji bahwa setiap kebaikan dan kejahatan walau sekecil apapun akan mendapatkan perhitungan.

 Isi Surat

  1. إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا Apabila bumi diguncangkan dengan guncangannya (yang dahsyat),
  2. وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya,
  3. وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (jadi begini)?",
  4. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
  5. بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
  6. يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.
  7. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya.
  8. وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula. 

0 komen:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...